ES File Explorer : Aplikasi File Manager Android Paling Lengkap

Koneknesia Blog - ES File Explorer : Aplikasi File Manager Android Paling Lengkap
Via guiding tech


Koneknesia Blog - Menurut statistik pada Google Play Store, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Jumlah yang luar biasa untuk sebuah aplikasi file manager. Tapi saya yakin tidak semua pengguna android sadar akan kekuatan yang mengagumkan dari aplikasi sederhana ini. ES File Explorer pada dasarnya merupakan gabungan selusin aplikasi dalam satu aplikasi file manager. Berikut ulasan ES File Explorer : Aplikasi File Manager Android Paling Lengkap

Baca juga : 8 Add-ons terbaik untuk firefox android



1. ES merupakan manajemen file yang lengkap



Artinya aplikasi ini berarti kaya fitur, dan ketika kita berbicara tentang dasar-dasar manajemen file seperti menyalin file, memindahkan file, menghapus file dan mentransfer file, aplikasi ini merupakan yang terbaik. Untuk keseharian saya juga menggunakan aplikasi ini.

Bila kamu juga menggunakan aplikasi ini, kamu perlu mengeksplor lebih dalam. Ditampilan awal aplikasi ini terdapat banyak informasi dari internal storage atau microSD, bila android kamu support OTG maka akan muncul ditampilan awal aplikasi ini. Pada sidebar kamu akan menemukan hampir semua fitur dasar manajemen file. Bar bagian bawah terdapat fitur dasar, kemudian sidebar bagian kanan merupakan jendela dan clipboard anda.



2. Fitur Menyembunyikan File

Bila kamu pengguna linux, maka yang perlu kamu lakukan untuk menyembunyikan file atau folder yaitu tambahkan dot/titik (.) Pada nama file/folder.



Untuk melakukan ini di ES, pertama kali arahkan ke setting -> Display ->kemudian centang "Show hidden files". Kemudian, tekan "new" -> folder dan beri awalan dot/titik (.) Di awal nama folder (contoh : .folder)

3. Mencegah file agar tidak muncul di aplikasi lainnya



Mungkin kamu tidak ingin video atau gambar kamu muncul di gallery. Ada solusi yang tepat untuk itu. Pergi ke folder yang akan disembunyikan kontennya, kemudian tambah (+) file baru, lalu rename file tersebut menjadi ".nomedia" tanpa tanda kutip. Saat gallery mulai men-scan maka isi dari folder yang terdapat .nomedia tidak akan muncul.



4. Berbagi folder dari PC dan Transfer file via ftp atau LAN



Pada sidebar, pilih Network -> LAN dan tekan Scan. Saat PC terkoneksi dalam satu jaringan yang sama maka folder tersebut akan muncul pada aplikasi ES. Kamu juga dapat streaming film langsung dari PC ke smartphone android kamu atau memindahkan file via LAN.

Kecepatan transfer tergantung dari koneksi wireless kamu. Biasanya untuk transfer via wifi. Sekitar 3/4 MBPS, lebih cepat dari transfer menggunakan kabel.

5. Berbagi file APK dan file dengan smartphone android lain



Saya kira terdapat banyak aplikasi file sharing di play store, tetapi ES dapat melakukan hal itu juga. ES dapat mengekstrak file apk dari aplikasi yang terinstall dari smartphone android kamu untuk kemudian kamu bagikan ke temanmu menggunakan ES File Explorer. Cara menggunakannya tekan sidebar -> pilih Local -> Apps, kemudian pilih salah satu aplikasi lalu tekan backup. Kamu akan menemukan file apk yang telah dibackup ini di folder "Backups" di internal storage kamu.

6. Streaming film dan musik ke chromecast

Didalam ES terdapat fitur dasar music dan video player. Fitur ini memang tidak lebih baik dari video/music player bawaan android. Tetapi ES mempunyai plugin streaming ke chromecast yang dapat kamu download di play store.

7. Masuk ke dropbox dengan menggunakan banyak akun



Kamu dapat menggunakan ES untuk login ke dropbox menggunakan dua atau lebih akun yang berbeda. Caranya pilih Cloud -> New dan pilih Dropbox dari opsi. Masuk menggunakan akun utama kamu lalu ulangi langkah diatas untuk masuk menggunakan akun lain.

8. Kompresi dan mengekstrak file zip atau rar

Siapa yang perlu menggunakan aplikasi seperti ZArchiver saat kamu mempunyai ES file Explorer di androidmu. Caranya pilih satu atau lebih file/folder lalu tekan "more" dan pilih compress. Kamu akan menemukan pilihan menggunakan format 7zip atau zip. Mengekstrak file juga mudah, yang perlu kamu lakukan pilih file zip kamu lalu pilih tombol Extract untuk mengeluarkan isi file dalam zip.

9. ES File Manager sebagai donwload manager

Android mempunyai aplikasi download manager bawaan, tetapi ES mungkin lebih baik. Untuk beberapa alasan, saya tidak mendapatkan direct link ke file yang akan saya download. Untuk mengatasinya, kamu dapat menyalin link melalui download manager bawaan android kemudian tempel atau paste link tersebut ke ES. Tidak seperti download manager bawaan android, ES akan menampilkan kecepatan download dan persentasi file yang didownload. Dan yang paling penting, kamu dapat menghentikan file yang kamu download tanpa khawatir file yang kamu download rusak (jika server support resume). Jika kamu mendownload file besar, maka hal ini merupakan sebuah alternatif.

Dari semua fitur diatas, kamu bahkan dapat mengubah System file melalui aplikasi ES File Manager. Tetapi perlu akses root agar dapat bekerja optimal.


tag : android, es file explorer, file manager, gadget, app, application

SHARE ON:

Hello guys, I'm Ardi Hari, a Blogger and Trader. That's It

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment